Rabu, 09 Maret 2016

Kejadian Penting dalam Sejarah Perkembangan Smartphone Di Dunia

simon-min


Kumpulan Kejadian Penting dalam Sejarah Perkembangan Smartphone

Kumpulan Kejadian Penting dalam Sejarah Perkembangan Smartphone


Smartphone bukan barang yang asing. Ia sudah melekat ke dalam sendi kehidupan masyarakat modern. Hampir semua kebutuhan kian terbantu berkat benda ini, mulai dari pemenuhan kebutuhan informasi, bekerja, memesan makanan, bahkan sampai mencari pasangan. Semuanya bisa selesai dengan satu tap saja.

Namun tahukah kamu bila smartphone telah berevolusi berkali-kali. Kemudahan yang dinikmati hari ini tentu tidak terlepas dari perkembangan smartphone bertahun-tahun yang lalu. Mulai dari dari konsep awal smartphone di tahun 1909, kelahiran PDA, hingga kemunculan sistem operasi Android.

Dari sekian banyak kejadian bersejarah, ada beberapa kejadian yang dianggap memiliki andil besar dalam mengubah smartphone. Paling tidak hingga smartphone memiliki bentuk dan fungsi yang dikenal seperti sekarang. Berikut rangkuman beberapa kejadian penting dalam sejarah perkembangan smartphone.

Pada mulanya hanya ada Simon

simon-min
Pada mulanya hanya ada Simon

Nama lengkapnya adalah IBM Simon Personal Communicator. Bentuknya besar dengan layar kecil berwarna hijau ditengahnya. Bobotnya terbilang berat, mencapai 500 gram. Namun siapa sangka jika IBM Simon merupakan smartphone pertama di dunia.

IBM Simon pertama kali dijual ke publik pada tanggal 16 Agustus 1994. Harganya terbilang mahal di masa itu yaitu sebesar US$899 (sekitar Rp12,1 jutaan). Fitur -fitur yang dihadirkan terbilang lengkap pada zamannya, mulai dari kalender, e-mail, catatan, mengirim pesan singkat, dan dilengkapi dengan stylus.

Sayang, daya tahan baterainya terbilang kecil, hanya bisa digunakan selama satu jam saja. Inilah yang membuat IBM Simon lenyap dari pasaran dua tahun kemudian.

Nokia 9000 Communicator, ponsel “pintar” yang pertama 

communicator 9000-min
Nokia 9000 Communicator, ponsel “pintar” yang pertama

 

Nokia 9000 Communicator layak disebut sebagai ponsel yang pertama menjadi smartphone. Meski diluncurkan tahun 1996, ponsel ini telah memiliki berbagai fitur yang ada di smartphone modern, mulai dari keypad QWERTY, layar dengan grafis yang bagus pada masanya, aplikasi bisnis, dan koneksi internet.

Untuk sistem operasinya, Nokia menggunakan sistem operasi GEOS yang merupakan cikal bakal Symbian. Seri ini terus dipertahankan Nokia hingga tahun 2007 dengan Nokia E90 Communicator sebagai produk terakhirnya.

Awal mula era smartphone BlackBerry 

blackberry era-min
Awal mula era smartphone BlackBerry

 

Sebelum tahun 2002, RIM (Research In Motion) merupakan perusahaan yang bergerak di bisnis pager. Namun semuanya berubah ketika RIM merilis BlackBerry 5810. Smartphone ini menjadi awal kejayaan Research in Motion di industri mobile.

BlackBerry 5810 sendiri sudah mendukung jaringan GSM dan GPRS. Meski dapat digunakan untuk panggilan telepon, pengguna diharuskan memasang headset. Ini dikarenakan BlackBerry 5810 belum dilengkapi dengan mikrofon ataupun pengeras suara.

RIM tetap mempertahankan produk semacam ini hingga awal tahun 2004. Perusahaan asal Kanada tersebut merilis BlackBerry 6710 yang sudah dilengkapi audio built in. Setelah itu, RIM terus merilis berbagai produk smartphone, mulai dari BlackBerry 7200, BlacBerry 7700, BlackBerry 8800, BlackBerry seri Curve, Pearl, dan Bold.

Sayangnya kejayaan itu mulai pudar pada tahun 2011. Kalah bersaing dengan iOS dan Android, serta penjualan PlayBook yang rendah menjadi penyebab kemunduran perusahaan ini.

Kemunculan Android 

android sejarah-min
Kemunculan Android

Android merupakan sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Android Inc dan dibeli Google pada tahun 2005. Awalnya Android dikembangkan sebagai sistem operasi kamera digital, namun segera dialihkan ke smartphone setelah mempertimbangkan pangsa pasar yang lebih luas.

Tidak lama kemudian, purwarupa Android berhasil diselesaikan dan diberi nama Sooner. Desain awal Sooner menyerupai ponsel BlackBerry dengan keypad QWERTY tanpa dukungan layar sentuh. Seiring waktu, Sooner didesain ulang agar mendukung layar sentuh. Tujuannya agar dapat berkompetisi dengan iPhone dan LG Prada.

Babak baru perkembangan Android ditandai dengan pendirian konsorsium Open Handset Alliance pada 5 November 2007. Konsorsium ini diikuti oleh perusahaan teknologi dan perusahaan layanan telekomunikasi terkemuka, seperti Google, Samsung, Qualcomm, HTC, Sony, dan lain sebagainya.

Melalui konsorsium ini diumumkan jika mereka akan menerapkan standar terbuka untuk perangkat mobile dan Android terpilih sebagai yang pertama. Tahun 2008, produk smartphone Android pertama diluncurkan di bawah bendera HTC dengan nama HTC Dream yang dikenal juga dengan nama G1.

Revolusi yang dibawa iPhone

iphone revolusi-min
Revolusi yang dibawa iPhone

 

Pada tahun 2007 Steve Jobs berhasil “mengubah dunia” kembali melalu iPhone. Ia berhasil menggabungkan 3 produk hebat; iPod berlayar lebar, telepon seluler, dan perangkat komunikasi internet ke dalam satu produk bernama iPhone.

iPhone pertama ini menawarkan teknologi multitouch tanpa stylus, multitasking, sinkronisasi dengan iTunes, serta kemampuan memutar film berdurasi panjang. Meski memiliki segudang kelebihan, iPhone juga memiliki kelemahan yaitu belum mendukung 3G. Padahal kompetitornya, seperti N95, sudah mendukung koneksi ini.

Di tahun ini juga Time menobatkan iPhone sebagai Best Invention of 2007. Time menyebut iPhone sebagai sebuah platform, bukan sekadar telepon biasa. Alasannya karena iPhone seakan-akan menjejalkan OS X—sistem operasi komputer Apple—ke dalam perangkat yang mungil. Klaim Time bukan tanpa alasan. iOS menggunakan fondasi Darwin, yang merupakan dasar dari OS X.

Selain itu, iPhone memelopori pembuatan perangkat sesuai keinginan vendor, tidak lagi terjebak pada kemauan operator telekomunikasi. Ini membuat semakin banyak smartphone inovatif yang hadir, seperti yang dapat dinikmati sekarang ini.

Runtuhnya Symbian

symbian revolusikejatuhan-min
Runtuhnya Symbian

 

Symbian pernah merajai sistem operasi smartphone, mulai dari buatan Motorola, Siemens, hingga Nokia. Sistem operasi ini juga tercatat sebagai yang paling banyak terjual, paling tidak sampai akhir 2010.

Penyebab kejatuhan Symbian sebenarnya cukup kompleks. Namun ada dua alasan utama yang menyebabkan hal ini terjadi. Pertama ialah kedatangan dua sistem operasi baru yaitu iOS dan Android. Meski dibanding iOS, kehadiran Android lah yang paling mengancam keberadaan Symbian.

Alasan yang kedua yaitu keputusan Nokia yang “hijrah” ke Microsoft dan sistem operasi Windows Phone. Padahal Nokia merupakan tulang punggung dari Symbian. Keputusan ini turut andil dalam menjatuhkan Symbian. Produk terakhir Nokia bersama Symbian sendiri ialah Nokia 808 PureView.

Windows Phone, saingan Android dan iOS

windows phone-min
Windows Phone, saingan Android dan iOS

 

Seiring dominasi iOS dan kebangkitan Android, Microsoft memutuskan untuk ikut masuk ke lini sistem operasi smartphone dengan mengenalkan Windows Phone pada februari 2010 di ajang Mobile World Congress yang bertempat di Barcelona. Windows Phone sendiri merupakan sistem operasi besutan Microsoft untuk menggantikan Windows Mobile.

Satu tahun kemudian, Microsoft menjalin kerjasama dengan Nokia. Windows Phone menjadi sistem operasi utama semua smartphone Nokia, menggantikan Symbian. Produk pertama hasil kerjasama ini yaitu Nokia Lumia 800 dan Nokia Lumia 710.

Nah, itulah beberapa kejadian penting dalam sejarah perkembangan smartphone. Kejadian-kejadian tersebut dianggap mempengaruhi perkembangan smartphone secara siginifikan hingga mengubahnya menjadi smartphone yang kita kenal hari ini.

0 komentar:

Posting Komentar